Hawang Cave, Kei Islands – Maluku

Hawang Cave, Kei Island, Maluku, Postcard by Forester Art, Photo by Mustari Tepu, 2016

Hawang Cave, Kei Island, Maluku, Postcard by Forester Art, Photo by Mustari Tepu, 2016

Goa Hawang terletak di Desa Letvuan, 15 km dari Tual, Kepulauan Kei, Maluku Tenggara.  Goa ini dikenal sebagai tujuan wisata menarik. Nama Hawang dalam Bahasa Indonesia berarti arwah. Masyarakat percaya jika di goa yang memiliki keindahan berupa kolam air sangat jernih beserta stalagtit cantik tersebut masih banyak didiami oleh hantu.

Air yang ada di dalam goa terhubung langsung dengan mata air Evu melalui sungai bawah tanah. Mata air Evu adalah mata air yang terbesar di Kepulauan Kei. Obyek wisata ini terdiri dari dua buah gua yang berjarak 15 meter yang dihubungkan oleh sungai bawah tanah.  Dengan demikian, buat para pecinta selam, dapat menyelami sungai ini dan muncul di gua satunya.

Legenda Gua Hawang

Menurut legenda setempat, bahwa seorang pria pergi berburu babi hutan bersama dua ekor anjingnya tetapi babi hutan itu tiba-tiba menghilang ketika masuki gua. Karena lelah dan haus, pria itu kemudian meminum air gua yang terasa sangat pahit pada saat itu.
Marah dan kecewa akibat hal itu, sang pemburu melontarkan kata-kata kotor. Karena sumpah serapahnya ini, pemburu dan kedua anjingnya dikutuk menjadi batu Hingga kini, didalam gua terdapat batu yang menyerupai pemburu dengan tombaknya dan dua anjingnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s