Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Tanjung Tinggi Beach, Belitung Island, Postcard by MyPostcard, Photo by Y. Harisman, Undated

Tanjung Tinggi Beach, Belitung Island, Postcard by MyPostcard, Photo by Y. Harisman, Undated

Pantai Tanjung Tinggi berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Terletak di sebelah utara pulau Belitung, jaraknya 37 km dari pusat kota Tanjung Pandan.

Pantai ini berbentuk setengah oval yang dengan diameter kira-kira 100 m dengan susunan batu-batu granit yang ada di dua sisi pantai. Di sepanjang pantai kita akan melihat panorama pemandangan yang mengesankan dan unik dari pantai – pantai yang ada. Pasirnya putih dan airnya jernih, kita dapat berenang karena kecilnya gelombang dan lambatnya arus air laut, tapi yang lebih menarik adalah sedikitnya perbedaan antara pasang naik dengan pasang surut.

Keistimewaan dari pantai ini adalah batu granit yang beraneka ragam ukurannya, dari yang hanya beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik. Saat matahari mulai terbenam pantai tanjung tinggi akan memancarkan pesona kecantikaannya yang luar biasa. Dengan keindahan pantai yang memiliki khas tersendiri sehingga membuat pantai tanjung tinggi banyak dikenal oleh para wisatawan luar daerah maupun luar negeri.

Pantai Tanjung Tinggi ini menjadi lokasi pengambilan gambar film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, hingga kini pantai Tanjung Tinggi kerap disebut sebagai pantai Laskar Pelangi.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s