Richard Wegner

Richard Wagner, The Flying Dutchman, Postcard by ZoCard, Singapore, 2016.

Richard Wagner, The Flying Dutchman, Postcard by ZoCard, Singapore, 2016.

Richard Wagner adalah seorang penulis yang sering berkarya, mengarang lebih dari ratusan buku, puisi, dan artikel, serta jumlah korespondensi yang besar. Karyanya mencakup topik yang luas, termasuk politik, filsafat, dan opera.

Dia bertanggung jawab atas beberapa inovasi teater yang dikembangkan di Bayreuth Festspielhaus, sebuah gedung opera yang dibangun secara khusus untuk pementasan operanya. Inovasi lainnya termasuk menggelapkan auditorium pada saat pertunjukan, dan meletakkan orkestranya di sebuah lubang yang tidak terlihat penonton. Bayreuth Festspielhaus adalah lokasi sebuah festival tahunan, Festival Richard Wagner, yang menarik ribuan penggemar opera ke Bayreuth pada setiap musim panas.

Richard Wagner pada 1843 melakukan adaptasi novel The Memoirs of Mister von Schnabelewopski karya Heinrich Heine (1833) dalam bentuk drama yang diberi judul The Flying Dutchman. Naskah ceritanya mengisahkan tentang Kapten kapal Belanda beserta kapalnya yang dikutuk tidak akan bisa berlabuh, selamanya. Hanya cinta tulus seorang wanita kepada Kapten kapal yang bisa membuat kapalnya berlabuh, dalam tujuh tahun sekali.

Naskah The Flying Ducthman dipilih oleh Sutradara Chang Tze dan Glen Goei untuk dipentaskan kembali sekaligus meresmikan The Victorian Theater – salah satu ikon Singapura yang telah mengalami perbaikan menakjubkan. Dipentaskan pada 23-30 Oktober 2016 (Kecuali tanggal 24 dan 29).

Kartupos ini menjadi media promosi yang diterbitkan  oleh penyelenggara dengan bantuan ZoCard.

Wilhelm Richard Wagner (lahir 22 Mei 1813 – meninggal 13 Februari 1883 pada umur 69 tahun) adalah seorang komponis berpengaruh Jerman, pakar teori musik, dan penulis, namun paling terkenal melalui karya operanya. Musiknya masih sering dimainkan, yang paling terkenal adalah “Ride of the Valkyries” dari Die Walküre dan “Bridal Chorus” dari Lohengrin. Wagner juga merupakan seorang tokoh yang sangat kontroversial, karena inovasi musik dan inovasi dramanya dan juga karena dia adalah seorang pendukung pemikiran-pemikiran anti-semitisme. Dalam sejarah musik, dia digolongkan sebagai komponis dari Zaman Romantik.

Dia lahir di Leipzig, Jerman, pada 22 Mei 1813. Ayahnya, seorang pejabat kotamadya rendahan, meninggal 6 bulan setelah kelahirannya, dan pada Agustus 1814 ibunya menikahi aktor bernama Ludwig Geyer. Geyer, yang didesas-desuskan merupakan ayah Wagner yang sebenarnya, meninggal ketika Wagner berusia enam tahun, mengakibatkan Wagner hanya dibesarkan ibunya. Wagner menjadi seorang musikus yang karyanya banyak digemari orang orang besar pada masanya.

Bridal Chorus dari Lohengrin (populer di negara-negara yang berbahasa Inggris sebagai “Here Comes the Bride” (Datangnya Sang Pengantin) sering dimainkan sebagai lagu pengiring pada acara pernikahan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s