Maros, Sulawesi Selatan

Bantimurung Waterfall, Maros - South Sulawesi, Postcard by Ertu (+6285735612706). Photo by @amma_chemist, Unknown Year.

Bantimurung Waterfall, Maros – South Sulawesi, Postcard by Ertu (+6285735612706). Photo by @amma_chemist, Unknown Year.

Kabupaten Maros adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Maros. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.619,12 km² dan berpenduduk sebanyak 322.212 jiwa pada tahun 2011.

Salah satu tujuan wisata terkenal di kabupaten ini adalah Taman Nasional Bantimurung, 40 km dari kota Makassar. Lebih dekat dijangkau dari Bandara Hasanuddin, sekitar 30 menit.

Taman Nasional Bantimurung sendiri terkenal sebagai Kerajaan Kupu-kupu. Memiliki berbagai keunikan, yaitu karst, goa-goa dengan stalaknit dan stalakmit yang indah.Didalam Taman Nasional Bantimurung ini, tepatnya pada koordinat GPS: 5° 0′ 48.45″ S  119° 41′ 17.08″ E  terdapat sebuah air terjun. Air Terjun Bantimurung memiliki lebar 20 meter dan tinggi 15 meter. 

Airnya yang jernih dan sejuk meluncur dari atas gunung batu dengan deras sepanjang tahun. Di bawah curahan air terjun terdapat sebuah tempat pemandian dari landasan batu kapur yang keras dan tertutup lapisan mineral akibat aliran air selama ratusan tahun. Kedalaman air di pemandian ini antara mata kaki hingga ke pinggang.

Di sebelah kiri air terjun terdapat tangga beton setinggi 10 meter yang merupakan jalan menuju dua gua yang ada di sekitar air terjun, yaitu Gua Mimpi dan Gua Baru.  Jarak ke goa ini sekitar 800 m.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s