Pasar 16 Ilir, Palembang

 

Pasar 16 Ilir, Palembang Indonesia. Self printed, unknown publisher.

Pasar 16 Ilir, Palembang Indonesia. Self printed, unknown publisher.

Pasar 16 Ilir merupakan salah satu tujuan wisata yang paling diminati. Menurut Tripadvisor, bahkan menempati posisi nomer3 dari 7 tujuan wisata di Palembang.

Pasar 16 diperkirakan sudah berekembang pertengahan abad ke-19. Barang yang dijual dipasar ini merupakan barang umum serta kebutuhan sehari hari seperti, sayuran, buah, serta kebutuhan lainnya.

Karena letaknya ditepi sungai Musi, pengunjung juga menggunakan moda transportasi kapal selain lewat darat. Bahkan beberapa komoditi diperdagangkan langsung dari atas kapal.

Pasar 16 Ilir juga sisebut sebagai pasar Tengkuruk karena posisi gedung-gedung atau toko-toko di pasar ini bersejajar menghadap sungai.

Para pedagang yang berjualan disini bukan hanya warga Melayu, namun juga pedagang-pedagang bangsa Arab, India, dan Cina.  Hasilnya, keragaman latar belakang pedagang ini mempengharuhi bermacam-maca, gaya arsitektur bangunan pertokoannya.

Dewasa ini, setelah melalui renovasi sekarang pasar 16 terdiri dari beberapa lantai yang cukup tinggi dan diisi oleh para pedagang. Semakin banyak pedagang maka semakin bervariasi pula barang yang di jual dipasar ini, hampir seluruh kebutuhan sehari hari bisa kita jumpai disini dengan harga yang cukup murah, kita bisa juga membeli secara grosir maupun eceran. Dimulai lantai atas kita akan menemui pedagang pakaian, tas, koper, selimut, baru maupun bekas. Turun kelantai berikutnya penjual sepatu, tas serta obat-obatan juga dijual di pasar 16 ini. Dilantai satu dan basement selain barang yang disebutkan tadi kita juga bisa membeli souvenir khas Palembang, kain songket palembang, tanjak rumpak, miniatur ampera dan berbagai macam oleh-oleh khas Palembang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s