Orang Utan

003

Orang Utan Lover, self printed postcard, photo by Danson. Dated 2015.

Orang utan atau bahasa lokal menyebutnya sebagai Mawas merupakan kera besar dari genus Ponginae. Beberapa species diantaranya adalah Pongo pygmaeus dan Pongo abelii. Kera besar dengan lengan panjang dan berbulu kemerahan atau cokelat ini umumnya hidup di hutan tropika Indonesia dan Malaysia, khususnya di Pulau Kalimantan dan Sumatera.

Taman  Nasional Tanjung Puting merupakan salah satu habitat Orang Utan. Terletak di Kalimantan Tengah, taman nasional seluas 415.040 hektar ini sudah menjadi cagar alam dan suaka margasatwa sejak 1937. Secara geografis taman nasional ini terletak antara 2°35′-3°20′ LS dan 111°50′-112°15′ BT meliputi wilayah Kecamatan Kumai di Kotawaringin Barat dan kecamatan-kecamatan Hanau serta Seruyan Hilir diKabupaten Seruyan.

BOS – Borneo Orang utan Survival atau Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo merupakan organisasi nirlaba yang berdiri sejak 1991 dengan tujuan untuk mengkonservasi Orang Utan di Kalimantan beserta habitatnya.  Organisasi ini bekerja sama dengan masyarakat lokal, Kementrian Perhutanan dan organisasi internasional lainnya. Saat ini setidaknya 750 Orang Utan dalam perawatan mereka dengan dukungan 400 staff , termasuk para ahli dibidang primatology, keragaman hayati , ekologi, kehutanan, agronomi , dan pengembangan lingkungan serta kesehatan .

Pada 2006, BOS menerbitkan satu seri kartupos dengan gambar orang-orang utan untuk mengumpulkan donasi bagi kegiatan mereka. Carmen dan Dewi adalah dua orang utan yang wajahnya menghiasi kartupos tersebut.

001

Carmen

002

Dewi dan anaknya

Kartupos dari BOS, berjudul "eyes of Kato", menggambarkan penderitaan Orang Utan saat belum ditangkar dan hanya menjadi obyek eksploitasi saja. Tahun terbitan kartupos ini tidak diketahui.

Kartupos dari BOS, berjudul “eyes of Kato”, menggambarkan penderitaan Orang Utan saat belum ditangkar dan hanya menjadi obyek eksploitasi saja. Tahun terbitan kartupos ini tidak diketahui.

 

004

Alam Butuh Bantuan, Postcard by WWF Indonesia. 2013

Wolrd Wild Fund (WWF) juga merupakan organisasi internasional yang juga menaruh minat pada berbagai fauna terancam punah di Indonesia. Dalam program penggalangan donasi ditahun 2013, mereka juga menerbitkan satu set kartupos dengan dua desain. Salah satunya berrgambar beberapa fauna terancam punah termasuk Orang Utan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s