Singpost Sukses Kirimkan Surat Dengan Drone

Singpost Alpha Drone

Singpost Alpha Drone

Singapore Post (SingPost) pada Kamis (08/10) mengumumkan telah sukses melakukan uji coba pengiriman surat dan paket kecil dengan menggunakan unmanned aerial vehicles (UAV) – Pesawat nir awak atau Drone untuk daerah-daerah terpencil.  

Sebagai uji coba, SingPost mengunakan pesawat drone Pixhawk Steadidrone UAV, yang sudah dikembangkan oleh Infocomm Development Authority of Singapore (IDA). Drone kebutuhan dinas pos ini dilengkapi dengan fitur pengamanan dan pelacakan data yang terhubung dengan aplikasi pada smartphone. Penerbangan perdana ini sukses untuk terbang selama lima menit dan membawa sebuah surat dan sebuah kaos sejauh 1,24 mile antara Lorong Halus dan Pulau Ubin. Pesawat tersebut didesain mampu membawa beban seberat setengah kilogram, dengan kemampuan terbang hingga setinggi 45m sejauh 1,42 mile.

Jacqueline Poh, Direktur Utama IDA menyatakan bahwa keberhasilan uji coba ini menunjukkan bagaimana SingPost telah memikirkan inovasi pengiriman surat diluar cara-cara tradisional. Meskipun untuk melakukan kiriman ini masih memerlukan kajian lebih lanjut, terkait faktor keamanan dan komersil, setidaknya langkah pertama yang dilakukan SingPost dan IDA telah menunjukkan bagaimana Singapora berusaha untuk mewujudkan visinya sebagai Smart Nation (bangsa yang pintar) yang memiliki keragaman masyarakat, pengalaman dan ekosistem untuk menemukan inovasi-inovasi baru, dan sebagai usaha menjangkau angkasa dengan penguasaan teknologi baru.

Rute penerbangan Singpost Alpha

Rute penerbangan Singpost Alpha

Dr Wolfgang Baier, CEO SingPost, mengungkapkan bahwa SingPost merupakan pioner dalam bisnis logistik e-commerce diwilayah Asia Pasific dan saat ini terus mengembangkan ekosistem guna memfasilitasi e-commerce bagi para pelaku usaha hingga konsumen umumnya. Kami melihat bahwa keberhasilan kami dalam transformasi digital tidak terjadi sekejap hanya semalam saja, keberhasilan kami merupakan buah keberhasilan kerjasama dengan para ahli lintas sektor dan rekan bisnis. Kini kami berharap bisa membuat inovasi yang lebih mudah terjangkau, dan memberikan keuntungan yang lebih baik bagi para pelanggan dan pengguna layanan pos kami.

Dr Bernard Leong, Kepala Layanan Digital SingPost, mengungkapkan bahwa banyak potensi yang muncul dengan pemanfaatan teknologi pesawat nirawak ini khususnya bagi pengiriman ke lokasi-lokasi jauh dan layanan kiriman e-commerce. Semenjak SingPost melakukan transformasi kedalam layanan logistik bagi industri e-commerce, kami terus bekerja sama dengan para pemimpin industri dan pelaku usaha terkini. Bukan hanya untuk mengakselerasi e-commerce saja, kami juga berharap bisa memberikan sumbangsih bagi bangsa Singapura untuk menjadi bangsa yang pandai, dimana kemajuan teknologi dimanfaatkan untuk kesejahteraan hidup masyarakat. Kami akan terus mengeksplorasi berbagai kemungkinan, inovasi dan penguasaan teknologi untuk menjawab kebutuhan dan peningkatan layanan bagi para pelanggan, pungkasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s