Tugu Muda Semarang

Tugu Muda Semarang, Postcard by UPOIndonesia, Unknown Year.

Tugu Muda Semarang, Postcard by UPOIndonesia, Unknown Year.

Tugu Muda adalah sebuah monumen yang dibuat untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang.

Awalnya, sebuah tugu direncanakan akan dibangun untuk mengenang pertempuran lima hari di Semarang, 14-18 Oktober 1945. Lokasinya di sekitar alun-alun. Peletakan batu pertama dilakukan pada tanggal 28 Oktober 1945, oleh Gubernur Jawa Tengah saat itu, Wongsonegoro.  Namun karena pada bulan Nopember 1945 meletus perang melawan Sekutu dan Jepang, proyek ini menjadi terbengkalai.

Kemudian tahun1949, oleh Badan Koordinasi Pemuda Indonesia (BKPI), diprakarsai ide pembangunan tugu kembali, namun karena kesulitan dana, ide ini jugaa belum terlaksana. Tahun 1951Walikota Semarang, Hadi Soebeno Sosro Wedoyo, membentuk Panitia Tugu Muda, dengan rencana pembangunan tidak lagi pada lokasi alun-alun, tetapi pada lokasi tempat terjadinya peristiwa pertempuran lima hari di Semarang yakni di pertemuan Jl. Pemuda, Jl. Imam Bonjol, Jl. Dr. Sutomo, dan Jl. Pandanaran dengan Lawang Sewuseperti lokasi sekarang ini.

Akhirnya pada tanggal 10 Nopember 1951,Gubernur Jawa Tengah Boediono meletakkan batu pertama di lokasi yang baru ini. Tugu muda diresmikan pada tanggal 20 Mei 1953, bertepatan dengan HariKebangkitan Nasional, oleh Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia. Desain tugu dikerjakan oleh Salim, sedangkan relief pada tugu dikerjakan oleh seniman Hendro. Batu yang digunakan antara lain didatangkan dari Kaliurang dan Paker.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s