Lodz, Poland

Lodz, Poland

Lodz, Poland

Greetings from Poland ! Postcard presents Lodz, the third largets city in Poland, where I am studying. The name of the city is translated as “a boat”. The main attraction is Piotrkowska Streett is strecthing or five kilometres, one of the longest commercial streets in the world. I hope you like it. Best wishes.(Ewelina)

Łódź adalah kota terbesar kedua (jumlah penduduk 776,297 pada 2004) Polandia. Kota ini terletak di pusat negara dan merupakan ibukota Provinsi Łódź. Dalam bahasa Polandia, kata ini juga berarti ‘perahu’. Łódź pertama kali muncul dalam catatan tertulis dalam dokumen yang memberikan desa Łodzia kepada para uskup Włocławek pada 1332. Pada 1423 Raja Władysław Jagiełło memberikan hak-hak kota kepada desa Łódź. Sejak saat itu hingga abad ke-18 kota itu tetap merupakan sebuah pemukiman kecil di jalur perdagangan antara Masovia dan Silesia. Pada abad ke-16 kota itu dihuni oleh kurang dari 800 penduduk, yang kebanyakan bekerja di tanah pertanian gandum di dekatnya.

Ketika pembagian Polandia yang kedua kali pada 1793 Łódź ditempatkan di bawah administrasi Prusia dengan namanya yang baru dalam bahasa Jerman, Lodsch. Pada 1798 orang-orang Prusia menasionalisasi kota itu dan kota itu kehilangan statusnya sebagai kota para uskup dari Kuyavia. Pada 1806 kota itu digabungkan dengan Kepangeranan Warsawa dan pada 1815 menjadi bagian dari Kongres Polandia yang dikontrol Rusia.

Pada 1820 Stanisław Staszic memulai gerakan untuk mengubah kota kecil itu menjadi pusat industri yang modern.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s