Kantor Pos Batavia, Indonesia

Batavia Post Kantoor 1920

Kartu Pos retro bergambar gedung Kantor Pos Batavia pada 1920-an, sayap bangunan ini difungsikan sebagai Pusat Filateli, pada 3 Mei 1973. Kartu pos ini dibuat oleh Kantor Filateli Jakarta (KFJ) untuk memperingati 40 tahun KFJ pada 2013. Kantor Pos Pasar Baru, sebagian orang menyebutnya demikian saat ini karena posisinya didepan Passer Baroe, Jakarta – dirancang oleh J van Hoytema dari Dinas BOW tahun 1913.

Surat-menyurat antara P. Jawa dan daratan Eropa dimulai pada masa VOC berkuasa di negeri ini. Ketika itu, surat-surat hanya boleh ditujukan kepada para pejabat resmi, dan isinya tidak boleh menceritakan kegiatan VOC di Indonesia. Pengiriman surat-surat tersebut sangat tergantung kepada adanya kapal yang berlayar dari negeri Belanda ke Indonesia atau sebaliknya.

Kantor pos pertama didirikan oleh VOC di Jakarta (Batavia waktu itu) pada tanggal 26 Agustus 1746, pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Gustaaf W. Baron van Imhoff. Terletak di daerah Pasar Ikan di bagian kompleks kota tua Batavia di utara. Saat pusat pemerintahan dipindahkan ke Weltevreden, oleh Gubernur Jendral Herman Willem Daendels, Kantor Pos Pusat juga dipindah ke Waterlooplein di lantai dasar Istana Daendels (1835). Kemudian dipindah lagi ke Posweg (Jalan Pos), di antara Schouwburg (Gedung Kesenian Jakarta, kini) di sebelah timur dan Kleine Klooster Boom di sebelah barat (1853).

Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels juga perlu diingat dalam sejarah Indonesia karena prakarsanya dalam pembuatan jalan Raya pos dari Anyer, Jawa Barat, sampai ke Panarukan, Jawa Timur, yang mengorbankan ribuan jiwa pekerja paksa.

Dalam memperbaiki sistem layanan pos, selain mengembangkan jalan raya pos, Daendels juga membangun sarana untuk menciptakan sistem pos yang baik. Pada tahun 1810, dua ratus ekor kuda telah dibeli dan khusus digunakan untuk mengangkut kiriman pas dan penumpang. Selain dilalui kereta pos, jalan ini merupakan jalan lalu lintas strategis yang mampu memperbesar mobilitas tentara penjajahan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s