Tari Muang Sangkal Sumenep

Stamp - Prisma - Tari Muang Sangkal Sumenep

Tari Muang Sangkal merupakan tari yang berasal dari lingkungan KeratonSumenep, diciptakan sebagai tarian untuk penyambutan tamu agung, sampai saat ini KeratonSumenep melestarikan tari tersebut dan ketika ada tamu penting akan dipertujukan dengan iringan seperangkat gamelan asli Keratonan Sumenep yang masih ada sampai sekarang.

Dalam Madura yaitu “Muang” yang artinya membuang dan “Sangkal” artinya bencana atau kesialan. Jadi makna dari Tari Muang Sangkal adalah tarian yang melambangkan sebagai pembuang sial dan pembuang bencana di daerah KabupatenSumenep. Sekilas tari ini mirip dengan tari di Keraton Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta, karena masih adanya ikatan antara KeratonSumenep dengan Keraton di Yogya dan untuk tariannya pun hampir sama tetapi berbeda makna, untuk Tari Muang Sangkal bermakna bagaimana mengkomunikasikan antara doa dan harapan melalui gerakan dan simbolis, ketika pertengahan Tari Muang Sangkal pasti beras kuning yang ada di Cemong akan dibuang menandakan membuang sial sedangkan Tari Sakral Bedoyo Keratonan Yogya bermakna suatu tarian yang melambangkan suatu romantika antara Panembahan Senopati dan Kanjeng Ratu Kidul dengan gerak lemah gemulai melambangkan cinta dan kearifan yag terpancar dalam setiap gerakan.

Dalam tari muangsangkal memiliki aturan sakral sendiri dan aturannya tidak jauh dari tari sakral dari Keraton Yogya seperti  penarinya harus ganjil, bisa satu, tiga, lima atau tujuh dan seterusnya. Kedua, Pemain berbusana dodot khasSumenep dan Penarinya tidak sedang dalam datang bulan (menstruasi).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s