Jakarta Great Sale 2013

SP 2013 - Jakarta Great Sale 2013 (1)

Festival Jakarta Great Sale merupakan kegiatan promosi wisata belanja yang diadakan dalam rangka memperingati ulang tahun kota Jakarta oleh pemprov DKI Jakarta. Festival ini diadakan setiap bulan juni hingga bulan juli setiap tahunnya. Acara yang digelar di Jakarta tersebut, mulai diperkenalkan ke masyarakat pada tahun 1980an dan diprakarsai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan tema Fesival Pertokoan. Ajang tersebut kemudian berganti nama menjadi Pesta Diskon pada tahun 1990-an dan diubah lagi menjadi Jakarta Great Sale hingga saat ini

SP 2013 - Jakarta Great Sale 2013 (2)

Pengusaha mal di Jakarta mengadakan Jakarta Great Sale 2013 pada 1 Juni-14 Juli 2013. Diskon barang besar-besaran hingga 80% dilakukan oleh toko-toko di mal ibukota. Jakarta ingin mengalahkan Singapura.

“Kita ya jangan mau kalah sama Singapura. Pusat belanja kita kan banyak lebih banyak dari Singapura masa enggak bisa lebih maju,” kata Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta Handaka Santosa di Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (3/5/2013). Handaka yang juga Ketua Panitia Great Sale Jakarta 2013 mengatakan, salah satu cara untuk mengalahkan mal-mal di Singapura yang menarik banyak turis asing adalah dengan Jakarta Great Sale ini.

Saat ini, hanya sekitar 8 juta turis per tahun masuk ke Indonesia. Diharapkan dengan adanya Jakarta Great Sale bisa menambah hingga 10%. “Saya percaya diri dengan ini (Jakarta Great Sale). Bisa bertambah 10 persen dan bisa mengurangi minat orang ke luar negeri,” katanya. Lewat Jakarta Great Sale ini, Handaka menargetkan ada transaksi Rp 11,8 triliun di mal-mal dan pusat perbelanjaan Jakarta. Jumlah ini meningkat dari Jakarta Great Sale tahun lalu Rp 10,7 triliun. “Harapan Jakarta bisa jadi wisata belanja tidak hanya Singapura dan Malaysia agar turis datang sehingga ekonomi semakin tumbuh,” kata Handaka.

Hal yang sama diungkapkan Ketua Harian Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta. Menurutnya, Jakarta Great Sale sudah saatnya untuk bisa mengalahkan Singapura Great Sale. Dia mengatakan, salah satu faktor pendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah melalui perdagangan salah satunya Jakarta Great Sale ini. “Negara tetangga sudah begitu sukses menyelenggarakan great sale untuk menarik wisatawan asing. Jakarta Great Sale inginkan mengalahkan Singapura Great Sale,” ungkapnya.

Hampir semua mal akan menggelar diskon besar-besaran sepanjang Jakarta Great Sale. Mal-mal itu antara lain Grand Indonesia, Pondok Indah Mal, Senayan City, Plaza Senayan, Plaza Indonesia, Kemang Village, MKG, Mal Emporium, Puri Indah, Sentral Park, Arion, Mal Cijantung, Pusat Grosir Cililitan, dan lain-lain.

Acara yang memasuki tahun ke-6 ini dibuka pada 1 Juni 2013 di Kota Kasablanka dan akan ditutup pada 14 Juli 2013 di Lippo Mall Kemang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s